Oct 29, 2016 Berita Jurusan 0 comment

Peringatan Hari Buku Nasional 2016

Pada hari selasa, 17 Mei 2016 bertempat di gedung Aula Madya UIN Syarif Hidayatullah,  Jurusan Ilmu Perpustakaan kembali mengadakan sebuah kegiatan yaitu Hari Buku Nasional. Hari Buku Nasional ini pertama kali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan pada tahun 2016 ini.

Kegiatan ini terdiri dari workshop kepenulisan yang disampaikan oleh Dr. Rully Nasrullah  dan bedah buku “ Yakin (Masih) Mau Pacaran? ” oleh Gita Rizki Hastar,i S.Ip.

21

Ka Gita, begitu ia biasa disapa, mengutarakan kesenangannya karena bisa hadir menjadi narasumber di acara Harbuknas ini, pasalnya beliau adalah alumni dari Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta. Sementara itu Dr. Rully Nasrullah atau lebih sering dikenal dengan Dosen Galau, yang telah menerbitkan ratusan buku, memberikan pelatihan kepenulisan dengan gaya yang jenaka sehingga peserta tidak merasa jenuh dalam mengikutinya.

Jauh sebelum kegiatan Harbuknas ini dilaksanakan, panitia mendirikan stand pengumpulan buku untuk kegiatan donasi buku yang masih layak baca, kemudian dikumpulkan dan disajikan di acara Harbuknas. Pengumpulan buku ini mendapat respon yang cukup baik terbukti banyaknya sumbangan buku yang didapat dari para mahasiswa. Nantinya buku yang didapat akan disumbangkan pada Taman Baca Masyarakat sekitar kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Dalam pelaksanaan Harbuknas juga disediakan taman baca untuk siapa saja yang ingin membaca di tempat. Sementara itu kegiatan ini juga dapat terlaksana berkat bantuan dari para media partner yaitu LPM UIN Jakarta dan RDK UIN Jakarta, serta disponsori oleh BTPN WOW.

3

Peserta yang datang selain mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah juga dihadiri siswa/i MAN Parung Panjang dan SMA Nusantara, mereka sangat antusias mengikuti acara ini. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menambah wawasan dalam bidang kepenulisan, menjadi ajang untuk memberikan kesadaran dini dalam memperlakukan buku agar terhindar dari tindakan vandalisme, serta menambah minat baca bagi mahasiswa dan siswa yang hadir. Untuk itu diharapkan acara ini dapat berlangsung setiap tahun terlebih acara Hari Buku Nasional ini merupakan kegiatan yang sangat positif.

dokumentasi selengkapnya