JIP EXPO 2019

Ciputat, Library and Information Science News – Ilmu Perpustakaan dan Informasi merupakan salah satu jurusan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Umumnya, jurusan ini sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Saat ini, akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi adalah A, hal tersebut didapatkan dari kegiatan akademik yang dilaksanakan seperti program pembelajaran dan juga berbagai penelitian yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa nya, dan juga terdapat pengaruh dari kegiatan – kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa / mahasiswi Jurusan Ilmu Perpusakaan dan Informasi untuk memajukan kualitas jurusan tersebut. Salah satu nya adalah kegiatan JIP EXPO 2019 yang merupakan sebuah rangkaian acara dari kegiatan tahunan atau ulang tahun Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang memasuki usia ke dua puluh tahun  bernama JIPDAYS 20th.

Acara tersebut diadakan tidak terlepas dari problematika masyarakat yang memandang Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Seperti yang kita ketahui, masyarakat pada umumnya masih memandang Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi sebelah mata. Jurusan ini banyak yang disepelekan oleh calon – calon mahasiswa karena mereka berfikir nantinya lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi akan menjadi pustakawan yang tugasnya hanya menjaga buku saja. Pikiran seperti itu yang banyak diantara mereka yang menjadikan jurusan ini sebagai cadangan untuk mereka pilih pada saat program seleksi masuk perguruan tinggi negeri seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan  SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nyatanya, jurusan ini tidak seperti yang mereka pikirkan. Banyak instansi atau lembaga yang membutuhkan lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi untuk membantu mereka dalam mengolah dokumen maupun arsip yang terdapat di tempat mereka bernaung. Karena alasan tersebut, Departemen KOMINFO (Komunikasi dan Informasi) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi menghadirkan program untuk memperkenalkan dan menginformasikan tentang jurusan ini dengan mengadakan kegiatan JIP EXPO 2019.

Jadi, JIP EXPO 2019 merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan oleh Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi tahun ini. Kegiatan JIP EXPO 2019 yang bertemakan “Knowledge Upon Us”, dimana kami sebagai mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta memperkenalkan serta mempromosikan Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi kepada siswa dan siswi kelas 12.

Persiapan Presentasi

Kegiatan ini bertempatkan di SMAN 8 Tangerang Selatan pada hari Selasa tanggal 26 November 2019, dilakukan oleh panitia JIP EXPO yang dibantu Departemen KOMINFO dan juga beberapa dari panitia JIPDAYS 20th. Selain itu, kami juga meminta bantuan terhadap pihak sekolah yaitu pustakawan dan guru – guru SMAN 8 Tangerang Selatan, untuk mengarahkan kami dari pihak panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut agar dapat berjalan lancar.

Memperkenalkan Jurusan IPI kepada Siswa SMAN 8

Kegiatan ini diadakan dengan sistem door to door class, dimana panitia melakukan presentasi tentang Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di kelas 12 baik IPS maupun IPA. Kami diberikan waktu kurang lebih 20 menit yaitu pada jam terakhir pelajaran untuk menjelaskan materi yang sudah kami persiapkan. Sebelum memasuki kelas, kami diberi penjelasan terlebih dahulu tentang bagaimana sistemnya pada saat presentasi dan oleh pustakawan yang merupakan alumni dari Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi yaitu Kak Yukha. Kami lakukan presentasi di sembilan kelas yaitu empat kelas IPS dan lima kelas IPA. Kami menjelaskan materi dengan sebaik dan semudah mungkin agar dipahami oleh siswa dan siswi kelas 12. Setelah presentasi selesai terdapat sesi tanya jawab, para siswa dan siswi semangat mengajukan pertanyaan. Meskipun kegiatan ini baru pertama kali diadakan, tapi respon yang kami dapatkan sangat baik, sehingga kami juga dengan semangat menjawab pertanyaan – pertanyaan yang mereka ajukan. Semoga kegiatan JIP EXPO dapat terus berjalan dan akan semakin baik lagi dalam perencanaan dan pelaksanaanya, agar kita dapat terus menyebarkan informasi penting yang terdapat di Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, serta dapat menarik lebih banyak peminat untuk memilih jurusan ini sebagai pilihan utama tentunya bukan sebagai cadangan.

(Fanny / Fiqh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.