Tim Tari Ratoh Jaroe Libsance

Jurusan ilmu perpustakaan dan informasi mewadahi minat dan bakat mahasiswanya melalui Lembaga Semi Otonom (LSO) yang dibawahi oleh Departemen Penelusuran Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Lembaga ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada mahasiswa yang ingin menyalurkan hobi ataupun bakat yang dimilikinya baik dalam segi olahraga maupun kesenian.

Salah satu kegiatan yang diwadahi  oleh LSO ini adalah tari tradisional yaitu Ratoh Jaroe dari Aceh. Tim tari Ratoh Jaroe ini bernama Libsance (Library Science Saman Dance). Libsance saat ini beranggotakan 33 mahasiswi dari angkatan 2017, 2018, dan 2019.  Libsance, memiliki waktu latihan di hari selasa dan jumat pukul 15.30-18.00. Sepanjang tahun 2019, tim Libsance sudah menampilkan tari Ratoh Jaore sebanyak tiga kali di dalam dan luar kampus.

Pertama, pada tanggal 24 mei 2019, Libsance diundang untuk memeriahkan acara pelantikan 3rd Organization of Islamic Cooperation (OIC) Youth Inauguration 2019 yang bertempat di Hotel Sultan Jakarta. Acara ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Kemenpora, Bapak Jonni Mardizal. Kedua, pada tanggal 29 agustus 2019, Libsance menampilkan tari Ratoh Jaroe pada acara Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) Jurusan Ilmu perpustakaan dan informasi. Tampilnya tim Libsance pada acara PBAK ini, selain untuk memeriahkan acara, juga untuk mengenalkan bahwa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi mempunyai tim tari Ratoh Jaroe dan berharap para mahasiswa baru akan tertarik bergabung dengan Libsance.

Terakhir, baru-baru ini pada tanggal 2 november 2019, tim Libsance mengikuti kompetisi tari Ratoh Jaroe pada acara PSYCULTURE 2019 yang diselenggarakan oleh DEMA Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kompetisi Taroh Jaroe di PSYCULTURE 2019 ini diselenggarakan untuk kategori SMP, SMA, dan Universitas. Sebanyak 8 Tim Ratoh Jaroe  dari berbagai Universitas mengikuti kompetisi ini. Pada acara PSYCULTURE 2019, Tim Libsance IPI UIN Jakarta meraih penghargaan Best Supporter. PSYCULTURE 2019 ini merupakan kompetisi tari Ratoh Jaroe pertama yang diikuti tim Libsance angkatan 2017 dan 2018.

Kedepannya diharapkan tim Libsance dapat terus berkembang menjadi lebih baik. Mengikuti lebih banyak kompetisi Tari Ratoh Jaroe di berbagai tempat. Menampilkan Tari Ratoh Jaroe untuk berbagai acara. Serta turut berpartisipasi untuk menyumbangkan prestasi dan mengharumkan nama Jurusan Ilmu  Perpustakaan dan Informasi di bidang non-akademik. Dengan adanya LSO tari tradisional ini, sangat diharapkan juga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplor dan menyalurkan bakat kesenian yang mereka milikki. Juga turut melestarikan tari Ratoh Jaroe.

(Nadiyah/Ridhony)

One thought on “Jurusan Ilmu Perpustakaan Melestarikan Tari Ratoh Jaroe”

Leave a Reply

Your email address will not be published.