Mahasiswa semester 7 kelas C dari mata kuliah Literasi Informasi bersama dosen pengampu, Melly Kartika Adelia, M.Hum dan Sekretaris Prodi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Amir Fadillah, M.Si, melakukan kunjungan lapangan ke Suku Baduy Dalam, di Banten, Jawa Barat.

Kunjungan ini dilakukan selama tanggal 14-15 Desember 2019 dalam rangka penelitian ilmiah terkait materi Literasi Budaya.

Perjalanan dimulai pada Sabtu (14/12/2019) pagi, dimana seluruh peserta yang berjumlah 36 orang sebelumnya berkumpul di Stasiun Pondok Ranji untuk bersama-sama naik kereta menuju Stasiun Rangkasbitung. 

Dari Rangkasbitung, rombongan dijemput oleh pemandu perjalanan untuk kemudian naik mobil menuju Desa Ciboleger, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, lokasi yang paling dekat dengan akses pintu masuk menuju Desa Baduy.

Setelah istirahat sejenak, rombongan kemudian dipandu untuk mulai memasuki kawasan Desa Baduy. Di sana, peserta ditunjukkan dengan bagaimana rumah adat, kerajinan tangan, dan juga kebiasaan para suku Baduy Luar.

Setelah melalui perjalanan selama kurang lebih tiga jam dengan berjalan kaki, rombongan diharuskan untuk melewati jembatan akar yang menghubungkan antara suku Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Setelah memasuki area Baduy Dalam, rombongan mulai menapaki jalan yang penuh dengan tanah dan batu alam, yang harus penuh dengan ketelitian dan kehati-hatian untuk melaluinya. Cuaca saat itu mendung dan sedikit gerimis, membuat tanah semakin licin untuk dilewati. 

Perjalanan menuju desa pertama di Baduy Dalam, yaitu Desa Cibeo, akhirnya berhasil ditempuh selama kurang lebih empat jam. Rombongan mahasiswa dan dosen ini disambut dengan wajah sumringah para warga bersama dengan Jaro atau Wakil Kepala Suku di sana. Mereka sangat ramah. Meski ada beberapa yang tak berani mengajak bicara karena tidak terlalu lancar berbahasa Indonesia. 

Setelah istirahat sejenak, rombongan diberitahu bahwa ada dua rumah yang akan dipakai untuk tempat beristirahat, satu untuk kelompok laki-laki dan satu lainnya untuk kelompok perempuan. Rombongan pun bergegas memasuki rumah yang ditentukan itu untuk berganti pakaian dan juga salat. 

Malamnya, setelah rombongan disuguhkan makan malam nikmat ala suku Baduy Dalam, kemudian sang empunya rumah di masing-masing rumah laki-laki dan perempuan langsung diajak berbicara mengenai bagaimana literasi informasi di suku tersebut. Sesi ini membuat para mahasiswa dan dosen membaur dengan warga karena suasana yang cukup hangat diantara mereka. Para warga Baduy Dalam pun menginformasikan apa yang ditanya oleh mahasiswa dan dosen dengan baik dan juga ramah. Sesi tersebut pun dilanjutkan esok paginya sebelum rombongan kembali pulang ke rumah masing-masing pada Minggu (15/12/2019). 

Sebagai informasi, suku Baduy Dalam merupakan suku yang cukup kuat dalam hal mempertahankan adat dan kebudayaannya. Diantaranya dengan melarang warganya menggunakan alas kaki dan naik kendaraan, dilarang juga untuk menggunakan teknologi dalam kehidupan, kuat juga dengan bahasa Sunda, dan kepercayaan yang dianut mereka. Warga Baduy Dalam juga menolak pendidikan masuk ke dalam kehidupan mereka, lalu bagaimana mereka belajar dan mengetahui segala sesuatu yang ada selama ini dalam kehidupannya? Bagaimana pola literasi informasi mereka? Cukup dari cerita dan kebiasaan yang diberikan juga diajarkan turun temurun orang tua dan sesepuh-sesepuh mereka. Hebat bukan?!

Kunjungan lapangan untuk mendukung materi mata kuliah yang berkaitan dengan kebudayaan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ke depan, kegiatan ini diusahakan akan terus dilakukan dengan melakukan kunjungan-kunjungan ke desa adat lain yang ada di Indonesia.

(Melly)

baduy6(1)
baduy5(1)
baduy3(1)
baduy(1)
baduy2(1)

10 thoughts on “Mahasiswa dan Dosen IPI Menelusuri Pola Literasi Informasi Suku Baduy”

  1. Hyaluronic Acid Serum 1.5% Facial Serum ( เซรั่ม ) Products Hyaluronic Acid 1.5% helps to deeply moisturize the skin. Makes the skin look plump, bouncy, youthful, instantly brighter, 42% ready to help reduce the first wrinkles, clear gel texture, light, easily absorbed, comfortable skin, suitable for all skin types Even those with sensitive skin are prone to irritation. Tested by a dermatologist. https://www.loreal-paris.co.th/face-care/face-serum

  2. Happy birthday big brother! I could have never asked for a better brother. I appreciate you for all the big and little things you have done

Leave a Reply

Your email address will not be published.