Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang tergabung dengan PUSTIKUM (Pustakawan Praktikum) telah selesai mengadakan kegiatan Volunteering selama 2 bulan (Februari-April 2021) di Taman Baca Masyarakat Serambi, Pamulang, Tangerang Selatan. Kegiatan volunteering ini diikuti oleh 10 orang yang merupakan anggota PUSTIKUM semester 4 dan 6 yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara PUSTIKUM dengan TBM Serambi, sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Tujuan diadakannya kegiatan volunteering ini untuk membantu pengolahan koleksi buku di TBM Serambi. Kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah serta memperlancar proses temu kembali koleksi yang dibutuhkan masyarakat sekitar, mempermudah proses penyimpanan koleksi, mendata koleksi buku milik TBM Serambi, dan membantu dalam pemilihan koleksi berdasarkan jenis koleksinya.

Kegiatan volunteering ini dilakukan selama 9 minggu, di mana kegiatan pengolahan koleksi yang dilakukan di antaranya: 1. Mendownload Sistem Otomasi Perpustakaan (SLiMS): Untuk memudahkan pendataan koleksi milik TBM Serambi maka anggota PUSTIKUM mendownload sistem otomasi yang bisa digunakan oleh pihak TBM dalam melakukan pendataan koleksi yang dimilikinya. Sistem otomasi ini dipasang di laptop pengurus TBM Serambi dan dilakukan penghubungan Jaringan LAN dengan laptop relawan. Sehingga sistem otomasi bisa diakses juga melalui laptop relawan.

2.  Pengelompokan atau Penyortiran Jenis Koleksi: Kegiatan pengelompokkan atau penyortiran ini bertujuan agar memudahkan dalam menentukan koleksi yang siap untuk diolah oleh relawan. Selain itu, agar memudahkan relawan untuk melihat kondisi buku mana saja yang masih layak digunakan atau tidak.

3. Stempel Koleksi: Setelah buku-buku yang tadi selesai disortir, kegiatan selanjutnya adalah pemberian stempel pada koleksi. Dalam kegiatan stempel koleksi ini terdapat dua stempel yang digunakan, yaitu stempel inventaris dan stempel kepemilikkan. Area buku yang distempel yaitu area halaman pertama, halaman rahasia, dan halaman terakhir buku.

4. Proses Pengklasifikasian: Merupakan kegiatan untuk melakukan penentuan nomor klasifikasi yang sesuai dengan subjek koleksi tersebut. Klasifikasi yang digunakan pada koleksi milik TBM Serambi adalah menggunakan sistem klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC) dan sistem klasifikasi berwarna untuk koleksi anak.

5. Proses Inputing: Setelah buku diberikan nomor klasifikasi, selanjutnya buku akan memasuki tahap proses inputing, yaitu kegiatan memasukkan entri buku atau metadata buku ke dalam SLIMS yang dilakukan oleh relawan. Koleksi yang berhasil kami input yaitu buku teks, koleksi buku cerita anak dan koleksi referensi. Total koleksi milik TBM Kolong yang berhasil kami input berjumlah 880 eksemplar.

6. Proses Validasi: Proses validasi ini untuk memastikan kembali apakah entri buku yang diinput oleh relawan sudah benar atau terdapat kesalahan. Agar informasi yang ditampilkan pada OPAC tidak keliru.

7. Proses Covering: Proses covering merupakan kegiatan mengambil gambar cover buku untuk ditempatkan di OPAC sesuai dengan judul bukunya masing-masing. Selain itu untuk mempermudah pemustaka dalam mencari buku yang diinginkan dengan melihat cover buku.

8. Proses Labeling dan Barcoding: Proses labeling dan barcoding ini adalah kegiatan memberikan nomor panggil dan barcode pada punggung buku dan belakang buku, agar mempermudah masyarakat sekitar dalam menemukan buku yang diinginkan setelah melihat di OPAC.

Contoh Label Barcode
Contoh Label Nomor Panggil
Proses Labelling Bersama Team

9. Proses Shelving: Proses shelving ini merupakan kegiatan akhir yang dilakukan dalam pengolahan koleksi TBM Serambi. Shelving adalah proses di mana relawan menempatkan buku-buku ke dalam rak sesuai dengan urutan kelas klasifikasinya masing-masing.

Proses Shelving
Buku yang sudah diShelving
Buku yang sudah diShelving

Melalui kegiatan volunteering ini para relawan yang merupakan Mahasiswa IPI dapat mengaplikasikan dan mempraktikkan langsung ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan selama duduk di bangku kuliah.

“Selama mengikuti kegiatan volunteering di TBM Serambi ini, aku merasa senang sekali karena bisa berkesempatan untuk menata dan membenahkan buku-buku yang ada di TBM. Anggota relawan dan pengurus TBM baik, seru, kocak, dan temen-temen relawan juga sangat giat sekali. Kegiatan ini sangat berkesan untuk aku, karena semangat dari relawan lain meskipun kegiatan diadakan di tengah-tengah pandemi seperti sekarang. Semoga temen-temen relawan tetep semangat untuk berpartisipasi dan bisa ketemu lagi di next project PUSTIKUM. Salam Literasi!” Tutur Asy Katya Hfir Selaku anggota PUSTIKUM yang menjadi relawan di kegiatan volunteering ini.

Dengan diselenggarakannya kegiatan volunteering ini PUSTIKUM berharap kedepannya akan semakin banyak kegiatan kerjasama yang dilakukan PUSTIKUM dengan masyarakat dalam dunia literasi sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Kami juga berharap masyarakat sekitar TBM Serambi pun semakin rajin untuk datang dan membaca koleksi di TBM Serambi serta dapat mengenalkan sedikit dunia perpustakaan kepada masyarakat sekitar TBM Serambi.

Pustikum Mendapatkan Sertifikat Apresiasi dari TBM SERAMBI

Author: Okta Ayu Melya Widanti/ 11180251000023

Editor: Gilang Musfi Amrullah