Sambutan oleh Nuryudi, Pembina Perpustakaan Cak Nur dalam kegiatan preservasi bahan pustaka, Jum’at (22/11/2019).

Ciputat, Library and Information SciencesSejumlah mahasiswa Pustakawan Praktikum dan Nuryudi MLIS, Pembina Perpustakaan Cak Nur dan Koleksi Cak Nur Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi melakukan kegiatan Preservasi bahan pustaka, khususnya pada koleksi DDC (22/11/2019).

Kegiatan preservasi bahan pustaka ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mempelajari kembali perbaikan bahan pustaka dengan baik dan benar. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pustakawan praktikum saat nanti terjun menjadi pustakawan seutuhnya. Mereka dapat mengidentifikasi tingkat kerusakan bahan pustaka yang ada, dan dapat memperbaikinya sesuai dengan penanganan yang tepat.

Kegiatan diawali dengan persiapan alat-alat yang dibutuhkan dan disusul dengan pemberian petunjuk preservasi oleh Nuryudi, MLIS. “Setiap langkah yang dilakukan harus teliti dan hati-hati karena kerapihan adalah nomor satu.” Tuturnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah mengidentifikasi kerusakan koleksi terlebih dahulu. Apakah kerusakan masih dalam level ringan atau parah, hal ini penting untuk diperhatikan karena setiap kerusakan pada bahan pustaka perlu penanganan yang berbeda. Ia juga memaparkan bahwa kualitas kertas cover buku dan bentuk punggung buku sangat berpengaruh dalam mempertahankan kesatuan isi buku. Ia berharap, kedepannya kegiatan preservasi akan rutin dilakukan dengan kasus kerusakan yang berbeda-beda.

(Okta Ayu Melya Widanti)

13 thoughts on “Preservasi Bahan Pustaka di Perpustakaan Cak Nur, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta”

  1. Sahibinden satılık, kiralık, ikinci el, otomobil, emlak ve her türlü ürün – Türkiye’nin en büyük ücretsiz ilan ve online alışveriş sitesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.