loading

Sejarah

Sejarah Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta lahir pada bulan Juli 1999 dan pendiriannya tersebut diawali dengan adanya sebuah seminar yang diadakan pada tgl 22 23 Juli 1999 oleh Fakultas Adab dengan tema PENTINGNYA SEKOLAH PERPUSTAKAAN DI IAIN JAKARTA. Prodi Ilmu Perpustakaan lahir dari pemikiran idealis bahwa era globalisasi merupakan kenyataan yang harus dihadapi dan diantisipasi. Pendirian program studi ilmu perpustakaan dan informasi ini adalah sebagai upaya untuk memenuhi harapan masyarakat Islam yang sangat besar bahwa penyediaan SDM dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi merupakan suatu yang sangat penting. Karena pendirian program studi ilmu perpustakaan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam yang tidak mungkin dapat dicapai tanpa didukung dengan perpustakaan yang dikembangkan secara profesional.

Eksistensi Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Sistem Informasi menjadi semakin diperkuat dengan adanya keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam No: DJ.II/163/2002 tentang Penyelenggaraan Strata Satu (S1).

Pada tahun 2011, Program Studi Ilmu Perpustakaan telah terakreditasi B dengan nilai 324 berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 027/BANPT/AkXIV/S1/IX/2011 yang berlaku sampai dengan 29 September 2016.