loading

Visi,Misi, dan Tujuan

Visi

“Menjadi program studi ilmu perpustakaan dan informasi terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2020 yang berbasis integrasi dan kontekstualisasi ilmu”.

Misi

  1. “Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi untuk menghasilkan komunitas cendikiawan yang memiliki kepakaran dalam melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kerja”.
  2. Melaksanakan penelitian berskala nasional maupun internasional dalam menemukan, mengembangkan dan menerapkan pengetahuan di bidang perpustakaan dan informasi yang berbasis kontekstual dan integrasi keilmuan, keindonesiaan dan keislaman”.
  3. “Menghubungkan dunia akademisi dan praktisi untuk memberi kontribusi nyata bagi pengembangan masyarakat yang berbasis pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi”.

Tujuan

Menghasilkan sarjana strata satu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang inovatif dan responsif terhadap perubahan sosial serta berakhlak mulia.

Berdasarkan pada perumusan Visi, Misi, dan Tujuan diatas, beberapa catatan yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:

Aspek Kejelasan

  1. Rumusan Visi mempunyai kejelasan waktu pencapaiannya yaitu tahun 2021.
  2. Rumusan Visi mempunyai kejelasan format struktur keilmuan yang dihasilkan, yaitu berbasis integrasi dan kontekstual keilmuan, keislaman dan keindonesiaan.
  3. Rumusan visi prodi ilmu perpustakaan mempunyai kejelasan arahnya yaitu sejalan dengan visi Fakultas Adab dan Humaniora dan visi UIN Jakarta dengan kualifikasi perguruan tinggi, yaitu World Class Research University.[1] Kejelasan visi prodi ilmu perpustakaan yang pada tahun 2021 akan menjadi prodi yang memperoleh pengakuan di kawasan regional melalui AUN – QA adalah suatu yang sejalan dan berada pada jalur yang benar sesuai dengan visi misi UIN Jakarta[2].
  4. Visi, misi dan tujuan Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta sangat terkait antara satu dengan lainnya, karena misi prodi merupakan rincian tugas visi, sementara tujuan prodi adalah berkaitan dengan hasil konkret yang akan diraih.
  5. Visi Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta adalah salah satu diantara implementasi dari visi umum Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu fakultas riset yang berdaya saing tinggi berbasis pada kontekstual dan integrasi keilmuan, keislaman dan keindonesiaan. [3]
  6. Visi Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta selain mengacu Visi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta, juga mengacu pada visi jangka panjang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. [4]

Aspek Kerealistisan

  1. Adanya dukungan sumber daya manusia sebanyak 13 dosen tetap yang terdiri atas 4 alumni perguruan tinggi Luar Negeri (International Islamic University Malaysia dan McGill University-Canada) dan 9 alumni perguruan tinggi Dalam Negeri yang bereputasi (Universitas Indonesia). Selain itu ada didukung juga dengan adanya kecenderungan positif (positive trends) tentang perhatian yang semakin besar dari pimpinan fakultas (Dekanat) dan bahkan universitas (Rektorat) yang terus memberi dukungan meningkatkan kualitas maupun kuantitas dosen-dosen prodi. Saat ini sumber daya manusianya juga telah memiliki 1 orang yang berpendidikan S3 (Doktor), 2 orang S2 yang sedang pendidikan lanjut S3 dan 2 orang yang sedang proses pendidikan lanjut S3 serta 8 orang pendidikan S2 yang gilirannya juga akan berencana pendidikan lanjut S3.
  2. Adanya kolaborasi akademik dalam berbagai kegiatan ilmiah dengan beberapa pakar dan profesional. Diantaranya kolaborasi dengan institusi luar UIN Jakarta seperti sebagai penguji luar institusi (external examiner) diantaranya adalah Drs. Rosa Widyawan, MA (PDII-LIPI), Hendro Wicaksono, MA (Kemendikbud RI),
  3. Adanya Sarana Prasarana yang memadai, baik dari sudut jumlah maupun kualitas, seperti adanya Perpustakaan Pusat maupun Perpustakaan Fakultas, Student Center, Integrated Computer Laboratorium di fakultas maupun universitas, Pusat Teknologi Informasi Pangkalan Data (Pustipanda), Rumah Sakit Syahid ([5]).
  4. Banyaknya kerjasama dengan beberapa lembaga mitra seperti Kemenag RI, Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi (FKPPTI), Exxon Mobile ([6])

 

 

KOMPETENSI LULUSAN

  • Lulusan kompeten dalam mengelola (managing), mengorganisasi (organizing) sumber-sumber informasi, dan melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi (Pustakawan).
  • Lulusan kompeten dalam memberikan konsultasi manajemen, pengembangan dan pengelolaan lembaga informasi manual dan digital (Konsultan/library & information consultant).
  • Lulusan kompeten dalam memberikan materi pelatihan perpustakaan dan informasi (Instruktur/instructor).
  • Lulusan kompeten dalam mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi modern (Manajer informasi/information manager).
  • Lulusan mampu memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi (Peneliti.
  • Lulusan kompeten dalam melakukan pengelolaan arsip dan rekod (record management) (Arsiparis/Archivist).