Oct 12, 2016 Berita Jurusan 0 comment

Workshop Pelestarian Bahan Pustaka

Rabu 16 juni 2016 himpunan mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan mengadakan kegiatan workshoppelestarian bahan pustaka dengan tema restoration to save knowledge bertempat di aula madya lantai 2.

Kegiatan workshop pelestarian ini perdana diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HMJ IP). Kegiatan ini bersifat wajib untuk seluruh mahasiswa aktif jurusan ilmu perpustakaan dimaksudkan agar seluruh mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan dapat merawat serta melestarikakn bahan pustaka dengan baik dan benar.

_MG_0738

Narasumber yang diundangpun sudah berpengalaman dan berkompeten dibidangnya yakni bapak Abas teknisi pelestarian bahan pustaka di perpustakaan pusat UIN syarif hidayatullah jakarta dan bapak Nuryudi dosen mata kuliah pelestarian bahan pustaka di jurusan ilmu perpustakan fakultas adab dan humaniora UIN syarif hidayatullah jakarta.

Selain itu acara ini juga dihadiri oleh kajur dan sekjur jurusan ilmu perpustakaan, beberapa dosen jurusan ilmu perpustakan dan juga pustakawan-pustakawan perpustakaan fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah ini.

_MG_0862_MG_0896_MG_0869_MG_0889

Dalam kegiatannya pelestarian bahan pustaka ini sangat beragam, namun dalam workshop kali ini lebih condong pada kegiatan bagaimana cara menjilid ulang buku yang sudah rusak dan juga cara menjahit majalah.

“selain memberi pelajaran tentang bagaimana praktik langsung dalam pelestarian bahan pustaka ini, tujuan lainnya untuk menambah pengalaman serta wawasan terhadap mahasiswa iilmu perpustakaan itu sendiri sebagai bekal untuk menjadi pustakawan nanti ” ujar Andrian Prayudho sebagai ketua pelaksana workshop pelestarian bahan pustaka

Peserta workshop sangat antusias dan bersemangat sekali, ada beberapa kelas yang memang diberikan tugas untuk magang di bagian pelestarian di perpustakaan fakultas sehingga para peserta yang sudah mempunyai pengalaman terlebih dahulu ikut menjadi komando bagi peserta lain selain diarahkan oleh bapak abas sebgai narasumber dan juga oleh beberapa panitia. (SR)