Dosen_Ilmu_Perpustakaan_UIN_Jakarta_menjadi_Narasumber_Workshop_Penulisan_Naskah_Ilmiah
Foto Bersama Narasumber, Fadhilatul Hamdani, M.Hum (Dosen Ilmu Perpustakaan) dan peserta workshop di Ruang Teater Gd. Fakultas Adab dan Humaniora, Ciputat, Jum’at, (13/9/2019).

Naskah ilmiah sudah menjadi “makanan” sehari-hari bagi para mahasiswa di perguruan tinggi. Naskah ilmiah seperti makalah yang dibuat pun tidak bisa sembarangan, karena penulisan tersebut mempunyai aturan-aturan dalam penentuan penulisannya.

Untuk itu, Dekan bersama Pustakawan Praktikum FAH UIN Jakarta berupaya untuk ikut serta dan mendukung penguatan budaya literasi informasi, yaitu dengan mengadakan kegiatan Workshop bertemakan: “Riset Penulisan Naskah Ilmiah Bagi Mahasiswa Baru” untuk para mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora, khususnya bagi para mahasiswa baru.

Dosen_Ilmu_Perpustakaan_UIN_Jakarta_menjadi_narasumber_workshop_penulisan_naskah_ilmiah
Pengenalan Database Jurnal Fak. Adab dan Humaniora oleh Narasumber Dosen Ilmu Perpustakaan, Muhammad Azwar, M.Hum, Kamis, (12/9/2019)

Workshop diselenggarakan dari tanggal 11-19 September 2019 di Ruang Teater FAH. Adapun kegiatan workshop ini menampilkan lima pembicara dari Dosen Ilmu Perpustakaan yaitu Prisinta Wanastri M.Hum, Nurul Hayati M.Hum, Muhammad Azwar M. Hum, Evi Zakiyah M.Hum, dan Fadhilatul Hamdani M.Hum.

Dosen_Ilmu_Perpustakaan_UIN_Jakarta_menjadi_narasumber_workshop_riset_penulisan_naskah_ilmiah

Prisinta Wanastri saat memaparkan tips dan trik penelusuran yang baik di mesin pencarian, Rabu, (11/9/2019).

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kualitas dan kuantitas naskah ilmiah untuk seluruh mahasiswa FAH UIN Jakarta. Prisinta Wanastri, mengatakan hal yang menjadi pokok pembahasan dalam Workshop di hari pertama ini ialah seputar penggunaan alat referensi mendeley dan zotero, tips dan trik penggunaan Boolean Operators pada mesin pencarian, dan penulisan esay dengan struktur yang baik dan benar.

Pemateri di hari selanjutnya juga telah memaparkan materi serupa yang tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru dalam pengenalan budaya literasi mahasiswa. Untuk itu bagi kalian yang belum sempat hadir, jangan lewatkan workshop riset penulisan naskah ilmiah mulai besok senin (16/9) hingga kamis (19/9). Yuk asah skill kita dalam menulis naskah ilmiah!

(Diy)

One thought on “Dosen Ilmu Perpustakaan Menjadi Narasumber Workshop Riset Penulisan Naskah Ilmiah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published.