Focus_Group_Discussion_bersama_dosen_dan_mahasiswa_Ilmu_Perpustakaan_UIN_Jakarta
Focus Group Discussion bersama Dosen dan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta dipimpin Rizca Amelia Akbar, Alumni IPI diselenggarakan pada Ruang Prodi Ilmu Perpustakaan Gd. Fakultas Adab dn Humaniora, Lt. 3, Ciputat, Rabu (19/6/2019).

Ciputat, Library and Information Sciences – Alumni Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta, Rizca Amelia Akbar, S.IP kini tengah menekuni pendidikan S-2 Ilmu Manajemen di salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Untuk memenuhi tugas akhir perkuliahannya, ia menggelar FGD di Prodi lamanya, Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta. (19/6/2019).

Kegiatan ini disambut baik oleh prodi karena turut memperluas wawasan dan ilmu baru untuk Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta. FGD yang bertemakan “Analisis Strategi Manajemen Perpustakan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0” ini dihadiri 19 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Ilmu Perpustakaan.

FGD_Analisis_Penerapan_Layanan_Prima_di_Perpustakaan_Perguruan_Tingi
Foto Bersama di akhir sesi kegiatan FGD dengan tema ”
Analisis Strategi Manajemen Perpustakan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0
“.

Dalam FGD ini, akan dibahas sejumlah poin salah satunya terkait analisis penerapan layanan prima pada Perpustakaan Universitas di Tangerang Selatan. Universitas yang dikaji adalah Universitas Pamulang, Universitas Muhamadiyah Jakarta, Institut Teknologi Indonesia (ITI), Institut Ilmu Al-Quran.

Analisis dikaji dengan menggunakan metode SWOT yang telah dilengkapi tabel matriks IFAS & EFAS (penentuan urgensi penanganan, pembobotan, peratingan). Para dosen dan mahasiswa sangat dilibatkan dalam beragam persoalan pada tiap perpustakaan universitas yang dijadikan sampel dan menuliskan urgensi penangannya dengan peratingan. Setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusinya dan masing-masing kelompok lain yang terdiri dari mahasiswa dan dosen akan diberikan waktu untuk memberikan tanggapan. 

Sesi terakhir, Rizca Amelia menarik kesimpulan terhadap hasil FGD tersebut. Kegiatan ini memberikan pemahaman menarik atas beragam persoalan di Perpustakaan Universitas terkait manajemennya dan langkah seperti apa yang perlu diterapkan pada perpustakaan Universitas untuk menuju pada Layanan Prima di era 4.0.

(Gilang/Diyah) 

3 thoughts on “Alumni Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta Gelar FGD Soal Layanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi”

  1. Somehow landed into QuickBooks error code 1321 and now can’t find an ideal way to get through it? Well, if that is the scenario, then you need not to panic at all. This segment is crafted in a way to come up with the best and most effective solutions to resolve QuickBooks error code 1321

Leave a Reply

Your email address will not be published.