Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta

Ilmu Perpustakaan memiliki prospek kerja yang banyak dan beragam. Pokok utama lulusan Ilmu Perpustakaan berkompeten dalam melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi (Pustakawan), mengelola (managing), dan mengorganisasi (organizing) sumber-sumber informasi.

Tidak hanya itu saja, lulusan Ilmu Perpustakaan juga berkompeten dalam:

  • Memberikan konsultasi manajemen, pengembangan dan pengelolaan lembaga informasi manual dan digital (Konsultan / library & information consultant)
  • Memberikan materi pelatihan perpustakaan dan informasi (Instruktur / instructor),
  • Mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi (Manajer informasi / information manager).
  • Mampu memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi (Peneliti).
  • Pengelolaan arsip dan rekod (Arsiparis / Archivist).

Dari beberapa prospek pekerjaan yang disebutkan di atas, membuktikan bahwa kompetensi lulusan Ilmu Perpustakaan itu banyak sekali. Sehingga tidak perlu khawatir karena banyak prospek kerja yang bisa didapat setelah menempuh Jurusan Ilmu Perpustakaan. Setelah mengetahui kompetensi setelah lulus dan prospek kerjanya, bahwa ilmu yang dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan adalah bukan sekedar ilmu biasa, namun ada bagian-bagian tertentu yang hanya dapat dipelajari di jurusan ini.

Jurusan ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga pustakawan yang memiliki pengetahuan dan kualifikasi akademik, serta terampil dalam pekerjaan teknis kepustakaan. Mata Kuliah Keahlian yang diberikan pada jurusan ini meliputi: Pengantar Ilmu Perpustakaan, Referensi, Klasifikasi, Diskripsi Bibliografi Buku, Literatur Sekunder, Media Teknologi, Bahan Rujukan, Manajemen Perpustakaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Beberapa universitas di Indonesia juga sudah mengadakan adanya Jurusan Ilmu Perpustakaan baik universitas negeri atau universitas swasta. Salah satu universitas negeri di Indonesia yang telah mengadakan Jurusan Ilmu Perpustakaan adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada tahun 2011, Program Studi Ilmu Perpustakaan telah terakreditasi B dengan nilai 324 berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 027/BANPT/AkXIV/S1/IX/2011 yang berlaku sampai dengan 29 September 2016. Sekarang, Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sudah terakreditas A (BAN-PT) No SK: 0126/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017.

Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baru mengadakan tingkat Strata Satu (S1) sejak tahun 1999. Artinya sudah 19 tahun jurusan ini berdiri. Dalam kurun waktu tersebut, Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah meluluskan mahasiswa yang berprestasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dari tahun ke tahun, Jurusan Ilmu Perpustakaan makin digemari masyarakat. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena pada tahun 2019, data dari kampusaja.com yang mengatakan bahwa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta memiliki rasio 1:18 untuk jalur SBMPTN (64 daya tampung kursi dengan minat calon mahasiswa sebanyak 1.155). Artinya, setiap satu calon mahasiswa harus mampu mengalahkan delapan belas calon mahasiswa lainnya untuk dapat menyandang sebagai “mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan”.

SNMPTN, SBMPTN, dan SPMB Mandiri adalah tiga jalur untuk masuk ke Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setiap jalur memiliki kuota kurang lebih sekitar 35 kursi untuk jalur SNMPTN, 64 kursi untuk jalur SBMPTN, 48 untuk jalur SPMB Mandiri. Tenaga pengajar (dosen) juga sangat kompeten, dan friendly. Hal itu yang dirasakan penulis, karena penulis tidak pernah merasa berada dalam tekanan ketika menempuh akademik di sini. Tidak seperti yang biasa teman-teman penulis alami (berbeda universitas) yang diceritakan ke penulis. Selain dapat ilmu yang ada di Jurusan Ilmu Perpustakaan, di sini kalian juga akan mendapat ilmu mengenai Keislaman. Lengkap sudah ilmu untuk dunia dapat, dan untuk pengetahuan rohani pun juga dapat.

Di zaman sekarang banyak perpustakaan modern dan kekinian yang bermunculan, membuat peluang untuk lulusan Ilmu Perpustakaan semakin berkembang. Jadi, jangan ragu untuk pilih Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai pilihan minat kalian untuk belajar ke jenjang selanjutnya setelah lulus sekolah.

(Diah / Fiqh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.