JIP Music Stadium General

Ciputat, Library and Infomation Science News –  Tahukah kalian bahwa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi memiiki Lembaga Seni Otonom (LSO) yang bergerak di bidang musik?. Ya LSO tersebut bernama JIP Musik. JIP Musik bermula dari sekumpulan mahasiswa/mahasiswi Jurusan Ilmu perpustakaan yang memiliki hobi atau kesukaan yang sama yaitu di bidang musik. Namun, dulunya sekumpulan mahasiswa/mahasiswi ini belum terhimpun dan terorganisir dalam satu kesatuan yaitu JIP Musik. Dahulu mahasiswa/mahasiswi Jurusan Ilmu Perpustakaan hanya sekedar berkumpul dan bernyanyi bersama saat waktu luang perkuliahan. Dengan mempertimbangkan susahnya jika ingin mengadakan suatu acara karena faktor tidak adanya suatu legalitas. Akhirnya para pencetus LSO JIP Musik memutuskan untuk mengambil nama “JIP Musik” sebagai nama dari LSO musik pada Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

JIP Musik menghimpun seluruh mahasiswa/mahasiswi yang memiliki kesukaan terhadap seni musik. Setiap instrumen musik yang ada bersatu dan belajar bersama dalam JIP Musik. Instrumen tersebut terdiri dari :

  • Vokal
  • Gitar
  • Drum/Cajon
  • Keyboard
  • Bass

Dari beberapa instrumen diatas, merupakan elemen – elemen yang ada pada LSO JIP Musik. Namun, tidak semua instrumen tersebut dapat berjalan semua. Di karenakan sistem dari LSO sendiri adalah sharing. Disini tidak menganut unsur senior yang mengajari para juniornya. Namun senior atau junior akan saling berbagi ilmu pada JIP Musik. Dalam JIP Musik sendiri terdapat pengurus yang akan mengatur pembelajaran setiap latihan dan hal lainnya seperti acara musik.

JIP Music FESBADIN

Bicara tentang latihan, LSO musik yang satu ini memiliki jadwal latihan rutin. Sebelumnya JIP Musik melakukan kegiatan latihan rutin setiap hari Jumat. Namun, pada periode 2019 ini JIP Musik merubah jadwal pelatihannya menjadi hari kamis. JIP Musik memiliki pengurus yang akan berganti setiap periodenya. Perihal jadwal latihan yang berganti ini juga sesuai kesepakatan antara seluruh anggota dengan pengurus JIP Musik. Dengan asas kekeluargaan dari Jurusan Ilmu perpustakaan dan Informasi menjadikan LSO musik yang sangat harmonis di dalamnya. Lalu siapa ketua pengurus JIP Musik pada periode 2019? Ketua JIP Musik periode 2019 adalah Kakak Lukman semester 5 yang pastinya berasal dari jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Jakarta. Lukman tidak bekerja sendiri dalam kepengurusannya. Pengurus lainnya seperti Wakil Ketua yaitu Rizaldi semester 5, Seketaris Nafia semester 3, dan Bendahara Nufaisa semester 3. Dari struktural inti tersebut tentunya masih banyak anggota yang turut menunjang LSO JIP Musik.

JIP Music 2019

Proses latihan yang dilaksanakan oleh JIP Musik pada periode ini sudah sesuai dengan silabus. Silabus latihan JIP Musik dibuat oleh pendiri JIP Musik sendiri yaitu Bang Akhmad Radhitya. Biasanya untuk latihan rutin akan diawali oleh materi wajib. Materi wajib disini berisikan teori seputar dunia musik. Materi wajib ini juga berisikan bermacam – macam pembahasan dengan pembicara yang berbeda. Pengisi materi tidak lain yaitu dari senior JIP Musik sendiri. Setelah materi wajib berakhir, akan dilanjutkan pelatihan sesuai instrumen. Proses ini membagi tiap anggota sesuai dengan instrumen masing – masing yang akan dipandu oleh kakak – kakak penanggung jawab instrumen tersebut. Namun, tidak selamanya JIP Musik selalu latihan masing-masing instrumen seperti itu. Pada beberapa waktu JIP Musik melakukan latihan perkelompok untuk memperkuat keharmonisan dalam suatu band. Namun proses pelatihan perkelompok ini juga terkadang dilaksanakan jika akan ada suatu acara rutin tahunan JIP Musik yaitu Teras Kreasi atau yang biasa disebut dengan “TESI”, yang biasanya dilaksanakan di Aula bekas Kopertais Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta.

(Rafael / Fiqh)

One thought on “Mengenal JIP MUSIK : Perpustakaan dalam Melodi”

  1. sex doll WMdoll 166cm C cup sex doll audit (Hard skin) How Do Sex Dolls Improve Your Exhausted Life? How Do Sex Dolls Improve Your Exhausted Life? Beautiful advanced dream of sex dolls with AI

Leave a Reply

Your email address will not be published.