Kegiatan Pengelolaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Jakarta, Sabtu 16 November 2019

Ciputat, Library and Information Sciences News – Transliterasi atau yang biasa disebut alih aksara merupakan pengalihan teks-teks berhuruf khusus menjadi huruf-huruf latin. Hal ini biasa terjadi pada bahan pustaka yang menggunakan bahasa Korea dengan huruf Hangul, Jepang dengan Kanji dan bahasa Arab dimana pada bahasa tersebut penulisannya menggunakan huruf Hijaiyah.

Belum lama ini terhitung Senin (17/10/2019), Pustakawan Praktikum (Pustikum) bersama 3 orang mahasiswa Tarjamah UIN Jakarta mengadakan kegiatan transliterasi untuk bahan pustaka berbahasa Arab. Kegiatan transliterasi tersebut diadakan di .Perpustakaan .Fakultas .Adab dan .Humaniora .UIN .Jakarta. Ini dilakukan karena banyak buku berbahasa arab yang belum ditransliterasi akibat keterbatasan yang dimiliki oleh anggota pustikum dan staf perpustakaan sementara buku-buku tersebut dibutuhkan oleh beberapa mahasiswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempermudah anggota pustikum dalam melakukan pengelolaan bahan pustaka yang meliputi klasifikasi, inputing metadata kedalam OPAC (Online Public Access Catalogue), labelling dan reshelving di .Perpustakaan .Fakultas .Adab dan .Humaniora .UIN .Jakarta.  

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut tentunya para anggota pustikum dan mahasiswa Tarjamah mengalami kendala terkait jam perkuliahan, namun hal tersebut dapat diatasi karena pihak staf Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta bersedia membantu. Kegiatan transliterasi bahan pustaka ini berakhir pada Jum’at (22/11/2019).

Kegiatan ini sangat penting, mengingat koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan terdiri dari beragam bahasa dan bahan pustaka berbahasa Arab adalah yang paling banyak dibutuhkan untuk keperluan referensi mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan kedekatan antar mahasiswa khususnya mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan mahasiswa Tarjamah UIN Jakarta.

(melina/Tsuraya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.