Pembukaan acara JIPCAMP pada tanggal 11 Oktober 2019

Bogor, Library and Information Science News – Bukan lagi rahasia umum untuk seluruh mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengenai eksistensi salah satu acara tahunan mereka yaitu JIPCAMP. JIPCAMP sendiri merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mendekatkan mahasiswa baru kepada lingkungan jurusannya. Acara ini berlangsung selama 3 hari 2 malam, sejak tanggal 11 Oktober 2019 hingga 13 Oktober 2019 yang bertempatkan di Villa Marina, Bogor, Indonesia.

Sesuai dengan tujuan utama diselenggarakannya JIPCAMP ini, mahasiswa baru diajak untuk mengunjungi Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi di Bogor pada hari pertama. Tak hanya sekedar mengunjungi namun peserta juga mempelajari hal-hal yang mungkin belum pernah didapatkan di ruang kelas, seperti belajar mengenai seputar kearsipan lebih dalam serta melakukan jelajah perpustakaan. Tak kalah serunya, hari kedua merupakan acara puncak dalam kegiatan JIPCAMP. Beberapa kegiatannya diawali dengan senam pagi yang dipimpin oleh panitia. Selain itu untuk menambah wawasan mahasiswa, dilanjutkan dengan pelatihan story telling dan sharing JIPERS. Kegiatan di atas tak hanya bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai jurusan ini saja namun juga menjadi ajang pendekatan diri antar peserta. Pada malam puncak JIPCAMP, dihiasi dengan rintikan hujan di langit hingga jam 9 malam. Hal tersebut membuat rangkaian acara mundur beberapa waktu, namun rupanya hal itu tidak mematahkan semangat dari panitia maupun mahasiswa lainnya sehingga penampilan PMB (Penelusuran Minat Bakat) dari mahasiswa baru tetap dilaksanakan di dalam ruang aula. Setelah jam 10 malam, nampak hujan di langit sudah berhenti mengguyur Bogor pada malam itu, lalu dilanjutlah dengan acara api unggun yang mana masing-masing dari setiap angkatan datang untuk memberikan doanya di malam itu agar jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi semakin baik untuk ke depannya. Malam puncak berakhir meriah dan hangat, memberikan memori indah kepada setiap insannya.

Sayang waktu terus bergulir, tak terasa sudah 3 hari peserta menetap di Villa Marina, sehingga mau tak mau acara harus dituntaskan pada hari itu juga. Hari terakhir dihiasi dengan kegiatan games yang paling ditunggu oleh semua peserta. Tak hanya games, sebagai penutup panitia juga menyiapkan bubuk floo lalu menyebarkan bubuk floo tersebut kepada seluruh peserta dan hal itu semakin menambah keseruan acara JIPCAMP 2019. Dalam 3 hari pelaksanaan JIPCAMP 2019, menjadikan memori yang indah dan kenangan bahwa pelajaran tak hanya didapatkan di dalam kelas saja, tetapi terkadang kita harus menyapa dunia luar untuk semakin mendekatkan diri antara satu sama lain. Acara JIPCAMP 2019 berakhir sukses dan terkenang, semoga tahun depan acaranya semakin keren dan seru ya!

(younanda sizty/nurhayati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.